Kripca? keripik dari kaca???








Kripca adalah kripik yang terbuat dari singkong yang diiris tipis-tipis dan proses pemasakannya menggunakan pemanggangan dioven sehingga membuat singkong mempunyai tekstur kriuk seperti kaca kemudian dinamakan kripca (kripik kaca).

Adapun cara pembuatan kripca secara singkat adalah sebagai berikut:

1.    Siapkan wajan, lalu masukan “emua Bahan-A”. Aduk rata dan pastikan tidak gumpal. Lanjut kini masak sambil diaduk, cukup dengan api kecil saja.

2.    Terus masak sambil diaduk hingga tekstur adonan menggumpal, molor dan lentur. Memang akan memakan waktu cukup lama, bisa 30 menit.

3.    Siapkan kurang lebih 2 ~ 4 lembar plastik yang besar, atau secukupnya hingga muat semua adonan. Lalu olesi satu sisinya dengan minyak goreng.

4.    Letakan “Adonan Keripik” diatas plastik, lalu tutup plastik lagi. Lanjut giling bisa dengan botol atau apa saja, lakukan hingga sangat tipis merata.

5.    Lepas tutup plastik, lalu jemur “Adonan Keripik” kurang lebih selama 2 jam. Kini adonan sudah mulai bening, tapi masih lunak atau belum kering.

6.    Lepaskan “Adonan Keripik” dari plastik, lalu gunting-gunting sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Boleh kotak, segitiga, atau apapun sesuai selera.

7.    Lanjut jemur kembali “Adonan Keripik” yang sudah digunting-gunting, lakukan sampai kering atau sekitar 3 jam. Setelah benar kering, angkat.

8.    Siapkan wajan, lalu sebarkan minyak sedikit saja. Lanjut goreng “Adonan Keripik” dengan api kecil selama 5 ~ 10 menit. Selesai untuk keripiknya.

9.    Siapkan blender atau ulekan, lalu haluskan “Semua Bahan-B”. Lanjut tumis bumbu dengan api kecil hingga harum dan matang 5 ~ 10 menit.

10. Terakhir masukan “Keripik Kaca”, lalu aduk hingga bumbu merata. Angkat, lalu simpan di toples atau sesuai selera. Bisa langsung disajikan!


Komentar